Pages

Selasa, 22 April 2014

Apa itu 'Parkour'?

Siapa yang tak kenal parkour? Ya aktivitas fisik asal perancis yang di temukan oleh seorang pria bernama David Belle ini mulai di gandrungi oleh orang-orang di dunia. Dialah orang yang telah memperkenalkan aktifitas ini ke seluruh dunia.

Sebenarnya siapa David Belle? Ya David Belle adalah anak dari seorang sapeurs-pompiers (pemadam kebakaran militer) yang bernama Raymond Belle. Lahir di tengah keluarga pemadam kebakaran membuat David terinspirasi dengan cerita-cerita tentang kepahlawanan. Saat berumur 16 tahun, David memutuskan untuk meninggalkan sekolah untuk mencari kecintaannya akan kebebasan, aksi, dan untuk mengembangkan kekuatan dan ketangkasan yang dimilikinya agar berguna dalam kehidupannya, seperti yang selalu dinasehatkan oleh ayahnya. Menurut David, Parkour dapat berguna sebagai self-defense dalam keadaan tidak terduga.

Saat Usia 15 tahun, David Belle pindah ke Lisses (salah satu kota di Perancis). Pada waktu itu, dia bertemu dengan para remaja di sana yang tertarik dengan apa yang dilakukan oleh David. Disinilah cikal bakal dari lahirnya sebuah grup Parkour yang dikenal dengan nama ''Yamakasi''. Bersama teman masa kecilnya, Sebastian Foucan beserta beberapa pemuda lainnya mulai mengembangkan Yamakasi sebagai tim Parkour yang dikenal di Perancis.

Parkour berasal dari kata parcours du combatant yang berarti pelatihan halang rintang untuk sesi militer. Kata Parcours “c” diganti menjadi “k” dan “s”nya dipakai untuk menjelaskan filosofi Parkour itu sendiri. “Parkour’s philosophy about efficiency”.

Parkour atau l'art du déplacement (Seni gerak) adalah aktivitas yang bertujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan efisien dan secepat-cepatnya, menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Itu berarti untuk menolong seseorang melintasi rintangan, yang bisa berupa apa saja di sekitar lingkungan dari cabang-cabang pohon dan batu-batuan hingga pegangan tangan dan tembok beton yang bisa dilatih di desa dan di kota.

Berani mencoba? :)

Ekstra tags:
Parkour
David Belle
Sejarah Parkour
Pengertian Parkour

Reference: Wikipedia, www.davidbelle.com

0 komentar:

Posting Komentar