Pages

Senin, 21 April 2014

The Bluefin-21: Si canggih bawah laut.

Ya, siapa yang tak kenal si robot bawah air yang canggih ini, semenjak hilangnya pesawat Malaysia Airways MH-370 robot ini sangat di andalkan untuk mencari jejak pesawat yang konon hilang di Samudera Hindia. Tapi tahukah anda tentang 'The Bluefin-21' ini?

The Bluefin-21 adalah otonom kendaraan bawah air yang sangat modular, mampu membawa beberapa sensor dan muatan sekaligus. Memiliki kapasitas
energi tinggi yang memungkinkan operasi diperpanjang bahkan pada kedalaman terbesar. The Bluefin-21 memiliki kemampuan yang sangat besar, tetapi juga
cukup fleksibel untuk beroperasi dari berbagai kapal di seluruh dunia.

MODULARITAS BEBAS TERGENANG - Desain kendaraan termasuk bagian payload swappable dan modul baterai di lapangan rekonfigurasi misi. Subsistem dapat diakses dengan cepat untuk perputaran yang cepat antara misi dan juga memungkinkan untuk dibidang pemeliharaan, mempercepat tempo operasional.

KERJA CEPAT LEBIH EFISIEN - The Bluefin-21 adalah efisien, deep-AUV dinilai mampu melaksanakan survei dengan menuntut persyaratan biasanya ditangani oleh yang lebih besar, platform yang lebih rumit. Ukurannya yang kecil dan kemampuan akan diluncurkan dan pulih dari A-frame atau docking kepala sederhana memungkinkan untuk mengambil keuntungan dari kapal.

NAVIGASI AKURAT - The Bluefin-21 menggunakan INS untuk memberikan akurasi navigasi terbaik. Perhitungan mati drift biasanya kurang dari 0,1% dari jarak tempuh, menghasilkan data yang berkualitas tinggi. USBL membantu lebih meningkatkan akurasi navigasi. AIR-shippable - Kendaraan, baterai dan peralatan pendukung
dapat dipecah dan dikemas menjadi beberapa bagian mudah diangkut, membuat sistem yang ideal untuk operasi waktu-kritis dan terpencil.

Berikut spesifikasi dari bluefin-21:

Diameter: 21 in (53 cm)

Length: 16.2 ft (493 cm)

Weight (Dry): 1,650 lb (750 kg)

Buoyancy: ~16 lb (7.3 kg) net positive

Lift Points: 1 (located mid-vehicle)

Depth Rating: 14,763 ft (4,500 m)

Endurance: 25 hours @ 3 knots with standard payload

Speed: Up to 4.5 knots

Energy: 13.5 kWh of total energy Nine 1.5 kWh battery packs Lithium-polymer, pressure-tolerant

Propulsion: Gimbaled, ducted thruster for propulsion and control

Navigation: Real-time accuracy ≤ 0.1% of D.T. CEP 50 INS, DVL, SVS and GPS USBL tracking with vehicle position updates

Antenna: Integrated — GPS, RF, Iridium and strobe
Communications RF, Iridium and acoustic; Ethernet via shore power cable

Safety Systems: Fault and leak detection, dropweight, acoustic tracking transponder, strobe, RDF and Iridium (all independently powered)

Software: GUI-based Operator Tool Suite

Data Management: 4 GB flash drive for vehicle data Plus additional payload storage

Standard Payloads (others available): EdgeTech 2200-M 120/410 kHz side scan sonar (option: EdgeTech 230/850 kHz dynamically focused) EdgeTech DW-216 sub-bottom profiler Reson 7125 400 kHz multibeam echosounder.

Ekstra tag:
Bluefin-21
MH-370
Malaysia Airways
Underwater Robotic

Sumber: www.bluefinrobotics.com/products/bluefin-21/

0 komentar:

Posting Komentar